Bidang

Program Jabar Innovation Fellowship akan dibagi menjadi 16 sub-bidang sesuai dengan kebutuhan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Nantinya, 30 peserta program terpiih akan ditugaskan di sub-bidang tersebut selama periode fellowship.

Penentuan penempatan akan disesuaikan dengan kapabilitas dan minat dari peserta program yang terpilih

Jabar Digital Service

Jabar Digital Service merupakan sebuah lembaga baru di bawah naungan Diskominfo Jawa Barat yang bertugas untuk melakukan inovasi dalam bidang teknologi informasi

Preferensi: Project Manager, Business Analyst, IT Developer

Branding / Pemasaran

Tahun ini, Pemerintah Provinsi Jawa Barat ingin dapat meningkatkan lagi kualitas komunikasi program-program maupun seluruh kegiatan yang ada. Sehingga diperlukan tim untuk membantu membentuk branding Jawa Barat yang lebih baik dan terintegrasi antar elemen yang terlibat.

Preferensi: Komunikasi, Desain, Kreatif, Umum

Infrastruktur

Pemerintah Provinsi Jawa Barat memiliki beberapa program untuk menambah dan memperkuat infrastruktur di Jawa Barat. Oleh karena itu, dibutuhkan tim yang dapat membantu merancang dan merencanakan pembangunan infrastruktur yang dimaksud.

Preferensi: Teknik Sipil, Arsitek, Tata Kota dan Kewilayahan

Transportasi

Transportasi menjadi hal vital dalam menghidupi ekonomi di suatu daerah. Selain itu, banyak juga tantangan yang harus diselesaikan terkait bidang transportasi, seperti kemacetan maupun pengkajian tentang moda transportasi yang baru. Diperlukan tim yang dapat memberikan gagasan yang baru agar dapat menyelesaikan tantangan-tantangan ini ke depannya.

Preferensi: Business Analyst, Transportasi, Tata Kota dan Kewilayahan

Manajemen Riset

Riset dan pengembangan ilmu pengetahuan menjadi dasar dalam kemajuan dan inovasi teknologi. Agar dapat menghasilkan riset yang berdampak besar, diperlukan manajemen dan tata kelola yang baik.

Preferensi: Project Manager, Peneliti, Umum

Pengelolaan Sampah

Sampah sudah menjadi isu besar di mana pun di Indonesia. Jawa Barat memiliki tantangan besar tersendiri terkait isu sampah, seperti di Sungai Citarum dan beberapa TPS di daerah Jawa Barat. Karena itu, diperlukan gagasan-gagasan baru dalam proses pengelolaan sampah ini agar tantangan tersebut dapat diselesaikan segera.

Preferensi: Teknik Lingkungan, Project Management, Umum

Pengadaan Barang & Jasa

Proses pengadaan barang & jasa di Jawa Barat sedang ingin dibenahi. Tentunya jika bisa mendapatkan proses yang lebih efektif dan efisien, akan berpengaruh pada pemakaian APBD.

Preferensi : Project Management, Keuangan, Daya Analis, Umum

Kepegawaian

Mengelola kepegawaian tingkat daerah menjadi tantangan tersendiri, karena tidak hanya mengatur hal administratif, tapi diperlukan juga pengertian akan tugas dan lembaga yang terkait.

Preferensi : Administrasi, Umum

Pariwisata

Pariwisata menjadi salah satu bidang unggulan dalam program Pemerinta Provinsi Jawa Barat saat ini. Dengan banyaknya potensi pariwisata di Jawa Barat, diperlukan suatu strategi komprehensif yang dapat menjadikan seluruh titik-titik pariwisata di Jawa Barat menjadi maju dan dikenal baik oleh warga lokal maupun mancanegara.

Preferensi : Project Management, Kreatif, Desain, Analis Bisnis, Umum

Tata Ruang & Pengembangan Kawasan

Jawa Barat masih perlu mengembangkan daerah-daerah tertentu agar pemerataan pembangunan dapat terwujud. Karenanya, diperlukan perancangan kota yang dipikirkan dengan baik dan terintegrasi dengan elemen-elemen terkait.

Preferensi : Tata Kota dan Kewilayahan, Arsitek, Project Management, Umum

Anggaran

Tim di bidang anggaran diharapkan dapat membantu Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk menyusun langkah-langkah yang dibutuhkan guna menghasilkan APBD yang efektif, efisien, dan tepat sasaran.

Preferensi : Administrasi, Keuangan, Akuntansi

Kehutanan

Pada bidang ini, diharapkan tim dapat membantu Pemerinta Jawa Barat menghasilkan terobosan baru dalam urusan konservasi hutan, pemanfaatan, dan pengawasannya.

Preferensi : Umum

Pengembangan Bisnis

Tingkat pertumbuhan usaha yang kian meningkat menandakan pertumbuhan ekonomi yang positif. Untuk itu, diharapkan tim di bidang pengembangan bisnis dapat memberikan terobosan dan gagasan baru terkait pengembangan bisnis di tengah masyarakat maupun industri terkait.

Preferensi : Bisnis, Manajemen, Umum

Pendidikan

Pendidikan menjadi pondasi bagi masa depan bangsa kita. Tentunya diperlukan inovasi baru dalam tataran sistem pendidikan ke depan dan evaluasi pada sistem pendidikan yang telah berjalan sekarang. Tim di bidang pendidikan diharapkan dapat memberikan gagasan dan langkah-langkah strategis dalam inovasi pendidikan di Jawa barat.

Preferensi : Pendidikan, Umum

Perencanaan

Tim Magang Perencanaan akan membantu Bappeda dalam menyusun perencanaan Jawa Barat secara menyeluruh. Tim ini akan menganalisis berbagai permasalahan yang ada di Jawa Barat, melakukan benchmarking atas berbagai solusi dan inovasi yang ada di berbagai kota di seluruh dunia, melakukan brainstorming untuk menentukan solusi rencana untuk Jawa Barat, dan memastikan pendokumentasian perencanaan ini secara resmi dalam dokumen RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) dan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah).

Preferensi : Umum

Monitoring dan evaluasi pembangunan

Perencanaan dan pembangunan daerah Jawa Barat tidak akan pernah berhenti. Tetapi diperlukan sistem pengawasan dan evaluasi terhadap pembangunan yang telah berjalan agar dapat diperbaiki pada fase pembangunan selanjutnya.

Preferensi : Umum

Pemberdayaan Masyarakat

Membangun masyarakat hingga ke tingkat Desa merupakan salah satu peran dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Untuk itu, diperlukan gagasan-gagasan baru untuk bisa mewujudkan masyarakat Jabar Juara.

Preferensi : Antropologi, Project Management, Umum