FAQ

Tentang Program Magang

Apa itu program Jabar Innovation Fellowship?

Jabar Innovation Fellowship adalah sebuah program yang diinisiasi Gubernur Jawa Barat 2019-2023 untuk memberikan ruang bagi mahasiswa dan profesional muda yang cerdas, inovatif, dan ingin berkontribusi pada bangsa dengan cara langsung terlibat dalam pengembangan dan penyelenggaraan program-program strategis Jawa Barat. Inisiatif ini diambil oleh Gubernur dalam rangka mempersiapkan generasi muda untuk mengambil peran aktif dan positif dalam memajukan masyarakat.

Apa yang akan saya dapat kerjakan dalam program Jabar Innovation Fellowship ini?

Peserta fellowship memiliki kesempatan untuk mengikuti program magang dan dapat membantu menganalisa area kebijakan dan program unggulan Pemerintah Provinsi Jawa barat, seperti di bidang, pariwisata, teknologi informasi, pendidikan, anggaran, dan lainnya.

Apa kriteria utama yang dicari dari peserta program Jabar Innovation Fellowship?

Kami mencari peserta magang yang memiliki motivasi tinggi untuk membantu pengawasan dan percepatan program unggulan pemerintah. Mengingat beban kerja yang tinggi, kami mengharapkan peserta magang untuk dapat mandiri dalam bekerja. Peserta magang tidaklah wajib memiliki pengalaman kerja, namun pengalaman berorganisasi atau bekerja di tempat lain akan menjadi bahan tambahan dalam evaluasi Tim Seleksi.

Saya masih mengambil kelas kuliah, apa mungkin bagi saya untuk magang?

Kami memahami jika pendaftar perlu mengambil kelas kuliah. Namun, karena tuntutan program magang ini cukup besar, ekspektasi kami adalah peserta magang dapat mengalokasikan waktu yang signifikan. Kami dapat memberikan kelonggaran bagi peserta yang sedang mengerjakan skripsi/tesis atau yang mengambil sedikit mata kuliah agar dapat meluangkan lebih banyak waktu untuk magang. Peserta magang tidak diwajibkan hadir setiap hari di kantor jika memang ada keperluan kuliah, selama tugas magang tidak terbengkalai.

Apakah jurusan saya harus sesuai dengan area program yang ingin saya kerjakan?

Kami menerima pendaftar dari bidang apapun juga. Kami yakin latar belakang yang beragam dapat memberikan nilai tambah dan perspektif yang berbeda dalam perencanaan dan pelaksanaan program unggulan Pemprov Jawa Barat.

Bagaimana linimasa program Jabar Innovation Fellowship?

Proses rekrutmen Jabar Innovation Fellowship 2019 akan melewati serangkaian tahapan, antara lain:
– Registrasi formulir (6 Mei 2019 – 24 Mei 2019)
– Proses seleksi (24 Mei 2019 – 27 Mei 2019)
– Pengumuman peserta yang lolos (27 Mei 2019)
– Bootcamp peserta terpilih (29-30 Juni 2019)
– Periode Fellowship (1 Juli – 1 November 2019)

Saya sudah memiliki pekerjaan profesional, adakah peluang bagi saya untuk magang?

Ya, kami menerima profesional muda untuk bekerja di kantor kami secara pro bono. Sebagai perbandingan, di provinisi lain sudah ada beberapa profesional muda dengan gelar MBA yang bekerja di kantor konsultan internasional yang memutuskan mengambil cuti selama tiga bulan untuk mengabdi.

Tentunya ini adalah kesempatan yang baik bagi para profesional muda untuk bisa berkontribusi dan terlibat langsung dalam proses strategis pembangunan Jawa Barat.

Adakah batas usia dalam mendaftar di program magang ini?

Batas usia pendaftaran adalah usia 18-30 tahun. Kami menilai aplikasi secara utuh, di mana pengalaman, ilmu, pencapaian, dan potensi berkembang pendaftar akan dievaluasi secara keseluruhan sehingga pendaftar dengan usia lebih muda ataupun lebih tua tetap mendapatkan penilaian komparatif yang kami lakukan seobyektif mungkin.

Seberapa selektifkah program Jabar Innovation Fellowship?

Di periode tahun ini, kami berencana menerima 30 peserta. Sebagai perbandingan, untuk program yang sama, provinsi lain menerima aplikasi hingga 3000 pendaftar. 

Dapatkan saya mengerjakan lebih dari satu area program/kebijakan?

Peserta magang dapat mengerjakan lebih dari satu area program/kebijakan. Namun, peserta magang harus memiliki satu program utama yang diprioritaskan untuk dapat dikerjakan dalam kurun waktu empat bulan.

Apakah ada honor yang akan saya dapatkan di dalam program magang ini?

Jabar Innovation Fellowship tidak menyiapkan honor bagi peserta, baik mahasiswa atau pun profesional. Peserta dari kalangan profesional diharapkan mengikuti program ini secara pro bono. Namun, kami menyiapkan uang transport bulanan secukupnya. Dalam situasi tertentu, kami juga akan membantu memfasilitasi peserta yang datang dari daerah.

Saya berdomisili di luar Bandung, apakah memungkinkan bagi saya untuk mengikuti program Fellowship di Kota Bandung?

Program magang ini dibuka untuk pelajar dan profesional muda Indonesia pada umumnya. Peserta magang boleh dari luar kota Bandung.

Apakah ada akomodasi bagi peserta yang datang dari luar Bandung?

Adalah harapan kami bahwa peserta magang dapat berasal dari seluruh Indonesia. Kami memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi pendaftar dari luar Bandung. Kami secara khusus menyiapkan akomodasi bagi peserta yang datang dari luar Bandung, namun dalam kasus tertentu kami akan membantu peserta magang mendapatkan akomodasi melalui subsidi terbatas.

Proses Pendaftaran

Kapan batas waktu saya harus mengirimkan aplikasi saya?

Masa pendaftaran untuk periode ini akan ditutup pada 24 Mei 2019. Kami menyarankan agar peminat dapat mendaftar seawal mungkin. Aplikasi akan dievaluasi berdasarkan waktu masuk dan pengumuman individual mungkin untuk diberikan lebih awal. Peminat yang mendaftar lebih awal akan lebih diuntungkan dalam tahap evaluasi.

Apa saja dokumen yang harus dipersiapkan untuk proses pendaftaran?

  1. Curriculum Vitae terbaru [dalam format PDF]
  2. Essay tentang motivasi dan gagasan [dalam format PDF]
  3. KTP yang masih berlaku [dalam format JPEG, JPG, PNG, atau PDF)]
  4. Surat Rekomendasi (opsional) [dalam format PDF)]

Tahapan apa saja yang ada dalam proses pendaftaran magang?

Seleksi program magang terdiri dari dua tahap, yaitu seleksi administrasi dan seleksi wawancara.

Bagaimana baiknya saya mempersiapkan essay saya?

Essay yang diwajibkan harus memiliki minimal 500 kata dan tidak boleh melebihi 1500 kata. Pendaftar bebas memilih topik, namun diharapkan dapat membahas antara motivasi mengikuti program ini, rekomendasi kebijakan, atau ulasan terhadap salah satu program unggulan Pemprov Jabar. Melalui Essay ini, Tim Seleksi akan dapat melihat karakter dan cara berpikir dari pendaftar.

Siapa yang dapat menuliskan rekomendasi untuk saya? Dan berapa banyak surat rekomendasi yang diperlukan?

Pemberi rekomendasi pada umumnya adalah orang yang pendaftar yakini dapat memberikan pendapat obyektif terhadap motivasi, visi, dan cara kerja dari pendaftar. Idealnya, pemberi rekomendasi adalah seorang dosen atau pembimbing dalam konteks profesional, akademis, atau dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. Kami menerima hingga maksimum tiga surat rekomendasi yang digabung ke dalam 1 file.

Bagaimana saya akan mendapatkan notifikasi terkait progres aplikasi saya ke program Jabar Innovation Fellowship ini?

Segala pengumuman resmi akan dikirimkan oleh salah satu staf kami melalui email. Akan ada email konfirmasi kelengkapan material pendaftaran, pengumuman hasil seleksi administrasi, pengumuman hasil seleksi wawancara, dan email mengenai orientasi dan informasi bagi yang lolos tahap wawancara. Dikarenakan volume pendaftaran yang sangat besar, mohon kesabarannya dalam menunggu balasan terhadap email ataupun pengumuman seleksi di setiap tahapannya.

Saya masih memiliki beberapa pertanyaan spesifik, bagaimana cara saya mendapatkan jawaban untuk pertanyaan lainnya?

Anda dapat menghubungi staf kami yang bertanggung jawab menjalankan program magang ini, Syifa melalui nomor (0812 2489 1798) atau melalui form pertanyaan di https://innovationfellows.jabarprov.go.id/kontak